Breaking News

Informasi Seputar Alokasi Dana untuk Renovasi Rumah


Kondisi plafon yang rusak atau fungsi ruangan tak lagi bisa maksimal bisa menjadi alasan penting melakukan proyek renovasi. Namun, seperti yang Anda ketahui bahwa renovasi rumah bukanlah hal yang mudah. Tidak sekadar menentukan rencana pembangunan, Anda juga harus pandai mengalokasikan dana.
Bagaimana jika dana terbatas namun proyek renovasi menjadi kebutuhan yang mendesak? Jangan panik dulu, Anda bisa menjadikan tips mengalokasikan dana renovasi berikut sebagai referensi.

  1. Membuat daftar skala prioritas
Coba cek seluruh bagian rumah Anda dan lihat titik mana saja yang membutuhkan proyek renovasi lebih dulu. Menentukan bagian yang membutuhkan renovasi yang utama bisa meminimalisir pengeluaran Anda nantinya. Hal ini penting jika dana yang Anda miliki sangat terbatas.

  1. Menggunakan sisa material yang masih bisa dipakai
Renovasi total dengan menggunakan bahan atau material bangunan baru jelas akan membuat dana Anda membengkak. Sebaiknya Anda mempertimbangkan penggunaan material bekas rumah yang masih layak pakai. Selain bisa menghemat pos pengeluaran, Anda bisa membuat tampilan rumah limited edidtion sebab mengandalkan kreativitas memanfaatkan barang bekas layak pakai.

  1. Membuat rencana pengeluaran
Sebenarnya menghitung biaya renovasi rumah bisa Anda lakukan dengan meminta bantuan ahli atau jasa konsultasi yang banyak tersedia. Hal ini bisa membantu Anda menentukan berapa besar dana yang harus dikeluarkan. Anda pun bisa memperkirakan biaya tersebut mencakup komponen pengerjaan mulai tahap awal hingga akhir serta kebutuhan material yang digunakan.

Ingat bahwa rencana anggaran biaya yang disusun bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu. Pasalnya, harga material bisa saja mengalami fluktuatif setiap saat. Pastikan Anda memiliki dana cadangan diluar dana khusus RAB untuk meminimalisir pengeluaran darurat yang bisa saja terjadi.

  1. Survei langsung ke toko bangunan
Untuk mendapatkan rencana anggaran yang maksimal, Anda disarankan melakukan kunjungan langsung ke toko bangunan. Bandingkan satu toko dengan toko lain agar bisa mendapatkan harga yang kompetitif. Namun, pastikan bahwa kualitas material yang ditawarkan terjamin.

Ada baiknya jika Anda menjadikan toko bangunan terbaik tersebut sebagai rekan yang bisa menguntungkan dua belah pihak. Siapa tahu Anda bakal mendapatkan potongan harga atau diperbolehkan melakukan pembayaran jatuh tempo.

  1. Memilih jasa renovasi yang baik
Jasa renovasi menjadi salah satu faktor yang akan mendukung rencana anggaran biaya Anda. Pastikan Anda mengetahui kredibilitas jasa renovasi tersebut sebelum memutuskan menggunakan keahlian dan tenaga mereka. Jasa renovasi berkualitas dan terpercaya akan melakukan pekerjaan secara profesional.

  1. Tentukan waktu renovasi yang pas
Pastikan Anda memilih waktu yang tepat seperti melakukan renovasi saat musim kemarau. Ya, cuaca bisa mempengaruhi kecepatan proyek renovasi Anda. Selain itu, pilih pula momen yang tepat misalnya melakukan renovasi saat musim liburan atau lebaran jelas akan menghambat kecepatan pengerjaan.

Beberapa poin di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam mengalokasikan dana renovasi rumah dengan baik. Pastikan Anda melakukan penghematan dengan cara tidak terpengaruh oleh pihak lain dalam melakukan renovasi. Tetaplah berpegang teguh pada rencana awal yang telah disepakati dengan jasa renovasi terpilih. Mengubah konsep saat proyek tengah berlangsung akan membuat dana renovasi Anda membengkak drastis. Anda tentu tidak ingin bangkrut, bukan?


No comments