Breaking News

Jelang Nyepi, Ribuan Umat Hindu Malang Ikuti Tawur Agung Kesanga di Batu

perayaan Hari Raya Nyepi 1940 Saka atau bertepatan jatuh pada 17 hingga 18 Maret 2018 ini, umat Hindu di Malang melakukan kegiatan tawur agung kesanga di Pura Giri Luhur Arjuna, Kota Batu pada Jum'at (16/3/2018).

Menurut Ketua PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia), Parianto, ibadah tawur Agung Kesanga ini merupakan rangkaian ibadah menjelang puncak perayaan Nyepi yang bertujuan menyucikan buana agung dan buana alit supaya pada pelaksanaan brata penyepian bisa benar - benar suci.

"Pikiran perkataan dan perbuatan itu benar - benar suci. Sehingga dalam brata penyepian, bisa instropeksi diri bagaimana kekurangan - kekurangan kita selama ini," tutur Parianto, Jum'at (16/3/2018).

Ia menambahkan sebagai manusia biasa, kesalahan yang dibuat tak luput dari setiap individu. Namun bagaimana setiap individu bisa memperbaikinya di masa mendatang. 

Dirinya berharap di tahun baru saka ini memiliki kehidupan lebih baik lagi dari sebelumnya, baik dari segi intelektual dan spiritual.

"Bagaimana umat Hindu memaknai kegiatan ini dengan suci sebagai upaya meningkatkan spiritual dari tahun sebelumnya," ungkapnya.
Ibadah tawur agung sendiri diikuti oleh ribuan umat hindu se-Malang raya. Ibadah ini menjadi rangkaian ibadah menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, setelah sebelumnya pada Rabu 14 Maret 2018 ibadah Melasti dilakukan di Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

No comments